Denpal XIV/2 Parepare Turun Edukasi Warga Tetap Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

PAREPARE, – Personil Denpal XIV/2 Parepare turun melakukan Sosialisasi tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan yakni menggunakan masker di tempat-tempat umum.

Letda CPL Syamsuri Basli, Salah satu personil Denpal XIV/2 Parepare
mengatakan, kegiatan ini merupakan program langsung dari Kodam yang dilaksanakan tiap minggu, dengan menyasar berbagai tempat yang memicu keramaian yang berpotensi terjadi penyebaran Covid-19.

“Salah satu upaya terhindar dari Covid-19 dengan memakai masker, sehingga kami juga mengedukasi masyarakat terkait penggunaan masker. Sebab, Covid-19 belum selesai dan ini dapat menyebar.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga mengimbau agar masyarakat tetap meningkatkan kesadaran mulai dari pribadi, sehingga bersama-sama terhindar dari Covid-19.(Yanti)

Berdayakan Wanita Rawan Sosial Ekonomi, Pemkot Parepare Salurkan Bantuan Bagi 30 KPM

PAREPARE, – Untuk memberdayakan Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE), Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Sosial, memberikan perhatian dengan menyalurkan bantuan usaha ekonomi berupa sembako bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Melalui Program Pemberdayaan Sosial yang bersumber dari dana APBD Kota Parepare, sebanyak 30 KPM yang dianggap memiliki tingkat kerawanan sosial dari 2 Kelurahan yang ada di Kota Parepare yaitu, Kelurahan Kampung Baru dan Kelurahan Tiro Sompe.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Parepare, Sappa Sao, Selasa (3/8/2021)

“Bantuan pemberdayaan sosial ini kita sasar itu adalah Wanita Rawan Sosial Ekonomi, yaitu wanita yang dianggap memeiliki tingkat kerawanan sosial apabila tidak dibantu. Wanita ini memiliki jenis usaha kecil-kecilan atau kios sehingga kita bantu barang-barang yang dapat mereka jual atau tambahan barang jualan. Sumbernya berdasarkan hasil Musrenbang tahun 2020 yang kita realisasikan pada tahun 2021. Kebetulan di Musrenbang hanya dua yang diusulkan untuk mendapat bantuan, yaitu kelurahan kampung baru sebanyak 25 kpm dan tiro sompe sebanyak 5 kpm jadi totalnya hanya 30 kpm saja,”Jelas Sappa Sao.

Dikatakan, Bantuan untuk WRSE dengan nilai sekitar Rp 85 juta ini diberikan dalam bentuk sembako berupa, Beras premium 25 Kg, Gula Pasir 50 Kg, Mie Instan 3 Dos, Susu Kaleng 1 dos, Ikan Kaleng 1 dos, Minyak Goreng 1 Dos, dan Sampo 1 Dos.

“kami berharap dengan adanya bantuan untuk para wanita yang berjualan kecil-kecilan ini dapat meningkatakan taraf hidup mereka, dan dapat membantu penerima agar lebih mandiri,”harapnya.(yanti)

Launching Kampung Tangguh Anti Narkoba, Wawali Parepare Harap Masyarakat Bersinergi Berantas Narkoba

PAREPARE, – Sebagai tindak lanjut arahan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) untuk mengajak masyarakat mencegah dan memberantas penyalah gunaan Narkoba, Polres Kota Parepare melaunching Kampung Tangguh Anti Narkoba.

Kampung Tangguh Anti narkoba tersebut dilaunching oleh Wakil Walikota Parepare H pangerang Rahim dengan melakukan pengguntingan pita, yang didampingi Kapolres Parepare, AKBP Welly Abdillah, dan Kepala Staf Kodim 1405/Mallusetasi, Mayor Inf Oberan, dan turut disaksikan Camat Ujung Ardiansyah, Lurah Mallusetasi, Haliwangka, dan beberapa jajaran Polres Parepare, di Rw 5 Kelurahan mallusetasi, Selasa (3/8/2021).

Wakil Walikota Parepare H Pangerang Rahim, mengatakan, hadirnya Kampung Tangguh di Kelurahan ini bagaiman mengkonsolidasi masyarakat untuk bekerjasama terintegrasi untuk meminimalisir peredaran Narkoba, mulai dari pusat hingga Daerah-daerah.

“Masa depan bangsa kita adalah ditentukan oleh generasi sekarang dan selanjutnya, kalau generasi kita sekarang rusak, maka bangsa kita kedepan juga kita tidak tau apa yang terjadi, salah satu yang merusaka adalah narkoba dengan berbagai macam jenis. Oleh karena itu pihak kepolisian mulai dari pusat hingga paling bawah itu membuat sebuah program kampung tangguh narkoba, agar diharapkan masyarakat bersinergi, karena kalau semua masyarakat bersinergi mulai pejabat samapai rt/rw masyarakat bersatu padu menanggulangi, maka insya allah kedepan parepare bebas narkoba,”tandas Pangerang.

Sementara, Kapolres Parepare AKBP Welly Abdillah, mengatakan, Program Kampung Tangguh Anti Narkoba ini merupakan program yang telah diluncurkan oleh Kapolri yang akan diikuti oleh seluruh Polres-Polres ataupun Polsek yang ada di setiap Daerah dengan tujuan agar masyarakat dapat berperan serta untuk memberantas peredaran narkoba.

“Kelurahan Mallusetasi ini dipilih karena kita melihat dan paling siap di seluruh Kelurahan di Parepare ini, adalah Kelurahan Mallusetasi. Ini sebagai titik awal, nanti kita dorong untuk kelurahan-kelurahan yang lain. Karena sebebnarnya yang paling dominan bagaimana untuk memberikan informasi atau sama-sama mencegah peredaran narkoba,”Terang Welly.(Yanti)

Pemkot – KPU Parepare Sepakati Bumi Harapan dan Ujung Sabbang Sebagai Locus Kelurahan Peduli Pemilu

PAREPARE, RPP – KPU Kota Parepare telah melakukan Penandatanganan kesepakatan bersama antara pemerintah kota parepare dengan KPU Kota parepare terkait dukungan pelaksanaan kelurahan peduli pemilu dan pemilihan kamis 29/07/2021 di ruang rapat pemerintah kota parepare.

Dalam penandatanganan MoU tersebut, 2 Kelurahan yakni Kelurahan Bumi Harapan dan Kelurahan Ujung Sabbang disepakati menjadi Kelurahan peduli pemilu.

Menurut Ketua KPU Parepare, Hasruddin Husain, dipilihnya dua Kelurahan tersebut karena merupakan representatif sebagaj pusat pemerintahan sehingga eksekutif, legislatif dan penyelenggara pemilu semuanya berkumpul di wilayah tersebut.

“Kami sepakati Kelurahan Bumi Harapan menjadi pusat sirkulasi politik di Kota Parepare dan yang ke dua Kelurahan Ujung Sabbang Kecamatan Ujung, karena tingkat parmas lebih kecil jika dibandingkan kelurahan lainnya di wilayah kecamatan ujung sehingga ini menjadi titik tolak KPU Kota parepare untuk meningkatkan parmas di kelurahan ini dengan program kelurahan peduli pemilu dan pemilihan,”Jelas Hasruddin.

Program DP3 ini lanjutnya, akan tetap di evaluasi kembali jika output dari kegiatan ini bisa mencapai target.

“Kegiatan ini akan dilanjutkan dan memberikan apresiasi kepada Camat Bacukiki Barat dan lurah Bumi Harapan serta Camat Ujung dan Lurah Ujung Sabbang atas partisipasinya untuk mewujudkan program ini,”ujarnya.

Sementara, Walikota Parepare HM Taufan Pawe sangat antusias mendukung kerjasama ini. Ia meminta jajarannya di semua kelurahan untuk menyikapi pembentukan kelurahan peduli pemilu.

“Secara formal hanya 2 Kelurahan yang menjadi locus kegiatan kelurahan peduli pemilu dan pemilihan, akan tetapi saya tidak ingin membatasi locus hanya di 2 kelurahan saja,”pungkasnya.(yanti)

Walikota Parepare Tegaskan Tidak Ada Penutupan Masjid Saat PPKM

PAREPARE, – Melonjaknya kasus Covid-19 beberapa hari ini membuat Pemerintah melakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) termasuk Kota Parepare.

Namun, Pemerintah Kota tetap melonggarkan aktivitas masyarakat dari berbagai aspek terutama aktivitas Ibadah.

Hal ini ditegaskan Walikota Parepare HM Taufan Pawe saat menggelar Konferensi Pers, di Lounge BJ Habibie, Rabu (7/7/2021).

“Saya tidak latah, saya orangnya tidak suka ikut-ikutan dengan kebijakan daerah lain. Saya akan menangani pengendalian covid-19 dengan gaya kami. Kami sudah sepakat dengan forkopimda tidak ada penutupan rumah Ibadah. Yang ada adalah kita longgarkan tapi menegakkan protokol kesehatan, yaitu masjid hanya bisa 25 persen ditempati sarana ibadah,”Ujar Taufan.

Untuk swalayan, toko, rumah makan, kafe, pedagang kaki lima dan lainnya, tambah Taufan, wajib mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Melakukan aktifitas sampai dengan pukul 21.00 wita. Membatasi jumlah pengunjung dengan maksimal 25 % dari kapasitas ruangan. Sementara layanan pesan antar sampai dengan pukul 22.00 wita.

“Termasuk kafe dan restoran tidak boleh lebih 25 persen, untuk sementara. Tetapi untuk ekstrim menutup saya belum berpikir. Yang paling penting kita lakukan memberikan kesadaran bagi masyarakat berperan serta memotong mata rantai penyebaran Covid-19,”pungkasnya.(Yanti)

Dinas PKP Parepare Salurkan Bantuan Bibit Jagung Kepada Petani

PAREPARE, – Dalam upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan melaksanakan program pemberian bibit jagung hybriada kepada petani.

Pemberian bibit jagung hybrida tersebut dilakukan oleh Kepala Dinas PKP, Wildana kepada beberapa kelompok petani, di BPP Bacukiki, Selasa kemarin.

Pemberian bantuan ini kata Wildana, merupakan tahap kedua kepada 50 kelompok petani.

“Ini kan sudah tahap kedua kami serahkan bantuan, kemarin tahap 1 500 hektar tetapi di kelompok berbeda. Untuk tahap pertama tidak lagi menerima pada tahap kedua. Tahap 1 kurang lebih 32 kelompok dan tahao kedua 50 kelompok,”Terang Wildana.

Wildana menambahkan, pemberian bi it jagung ini sebagai bentuk perhatian dan kepeulian pemerintah terhadap masyarakat petani, selain itu juga mendukung PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional).

“Untuk pemulihan ekonomi, salah satu cara kami Dinas PKP memberikan bantuan bibit jagung khusus tanaman pangan kepada para petani yang sudah terdaftar di kelompok Simultan atau yang telah resmi secara administrasi,”pungkasnya.(Yanti)

Sejahterakan Pensiunan, BKPSDM Parepare Gandeng Mandiri Taspen Sosialisasi Layanan Perbankan

PAREPARE, – Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parepare, Bekerjasama dengan PT Bank Mandiri Taspen lakukan sosialisasi ketaspenan dan layanan perbankan bagi ASN yang akan memasuki Usia Pensiun pada bulan Juli 2021.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 76 orang ASN yang akan pensiun pada Juli mendatang, yang berlangsung di Hotel Kenari, Selasa (29/6/2021).

Kepala BKPSDM Parepare, Gustam Kasim mengatakan, kerjasama ini dilakukan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi ASN yang akan memasuki masa pensiun.

“Kami kerjasama dengan PT Mandiri Taspen atau biasa disebut Mantap karena kami mau bahwa semua ASN yang akan memasuki usia pensiun ke Taspen, agar mendapat pelayanan yang terbaik. Kita dengarkan tadi bersama ada keunggulan yang dilakukan oleh PT Mantap. Kami juga menyampaikan kepada ASN yang masu pensiun supaya tidak menggunakan orang ketiga karena ini  berdampak nantinya terhadap pelayanan makanya saya dengan  mandiri taspen sudah bekerjasama bahwa bagi ASN yang memasuki usia pensiun agar memberikan pelayanan yang terbaik,”Jelas Gustam Kasim.

Gustam menyebutkan, bahwa sebanyak 135 ASN yang akan memasuki pensiun pada tahun ini, namun yang hadir sebanyak 76 orang yang masa pensiunnya pada Juli mendatang.

Sementara Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Makassar,David Pardo-muan Nababan, menjelaskan, bahwa sesuai dengan komitmen sebagai anak perusahaan Taspen, dituntut untuk memberikan layanan terbaik bagi pensiunan, dimana pensiunan itu akan menjadi layanan prioritas Mandiri Taspen.(Yanti)

Perkuat Layanan Bagi Pensiun, Mandiri Taspen Segera Hadir di Kota Parepare

PAREPARE, – Untuk memperkuat sinergitas terkait layanan kepada purnabhakti Pegawai Negeri Sipil (PNS), Bank Mandiri Taspen segera hadir di Kota Parepare.

Kepala Cabang Bank Mandiri Taspen Makassar, David Pardomuan Nababan menjelaskan, bahwa Bank Mandiri Taspen, rencananya akan dilaunching pada bulan Juli ini.

Dan sesuai komitmen kata dia, sebagai anak perusahaan Taspen dituntut untuk memberikan layanan terbaik bagi pensiunan, dimana pensiunan PNS akan menjadi layanan prioritas Mandiri Taspen.

“Di samping menjadi mitra bayar, mandiri Taspen juga memiliki produk perbankan yang fokusnya kepada para pensiun diantaranya mantap, aktif, mantap sejahtera, dan mantap sehat.

“mantap aktif itu mengumpulkan para pensiun untuk tetap aktif, dengan melakukan pelatihan-pelatihan untuk membuat cinderamata, atau kita berkunjung ke rumah jompo. Sedangkan mantap sehat, kita akan lakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis, dan saat ini kita dituntut untuk melakukan vaksin bagi para pensiun, sementara program mantap sejahtera, dimana kita membuat pensiunan menjadi wirausahaan. Banyak produk-produk wirausahaan yang sedang kami programkan, diantaranya warung mantap sejahtera, dan pelatihan berkebun seperti hydroponik,”ulas David.

Hal senada ditambahkan Bisnis Institusional Manajer PT Bank Taspen Wilayah Sulawesi Ambon Papua, Martin Riningallo, bahwa selain layanan 3 pilar tersebut, Bank Mandiri Taspen juga memanjakan para ASN yang akan memasuki pensiun dengan layanan Elektronik Link.(Yanti)

Pemkot Optimis, Parepare Dapat Raih Kota Layak Anak

PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare optimis dapat meraih status Kota Layak Anak dengan Kategori Nindya, yang sebelumnya diraih dengan status Madya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare, Andi Rusia, saat ditemui di sela-sela Verifikasi Lapangan Hybrid, di ruang pola kantor walikota, Selasa (15/6/2021).

Keberhasilan program KLA di Kota Parepare telah terbukti dengan mendapatkan penghargaan KLA Tahun 2017 dan 2018 kategori pratama, lalu tahun 2019 kategori Madya.(Yanti)

Menuju Kota Layak Anak, Pemkot Parepare Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid

PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare ikuti Verifikasi lapangan Hybrid VLH) Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

VLH dilakukan secara daring yang diikuti Walikota Parepare HM Taufan Pawe, Sekretaris Daerah Iwan Asaad, Pimpinan SKPD, Asisten, serta Camat dan Lurah, yang digelar di Ruang Pola Kota Parepare, Selasa (15/6/2021).

Walikota Parepare dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Pemerintah Kota Parepare bergerak dan bekerja secara maksimal untuk mewujudkan Parepare sebagai Kota Layaka Anak.

“Berbicara Kota Layak Anak maka Substansinya adalah bagaimana kita peduli dengan hak-hak anak, sebagaimana akita ketahui bahwa Kota Parepare adalah kota yg betul-betul sangat peduli dengan eksistensi program kegiatan yg berkaitan dengan Hak-hak anak,”Jelas Taufan.

Walikota berharap, ada komitmen yang dilkukan bersama dari seluruh SKPD dan Forkopimda dapat terjaga dengan baik agar Parepare dapat meraih Kota Layak Anak dengan Kategori Nindya.(Yanti)