Perkuat Pemerintahan Berbasis Online, Dinas Kominfo Parepare Bakal Terapkan Metropolitan Area Network


 

PAREPARE, – Dinas Kominfo Kota Parepare, akan terus menunjukkan Konsistennya untuk berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan program Pemerintah menuju Smart City. Pemerintah Kota Parepare sebelumnya telah menerapkan persuratan berbasis Elektronik dan pemasangan jaringan pada beberapa titik di area publik Kota Parepare.

Untuk memaksimalkan hal tersebut, Dinas Kominfo terus berupaya melakukan pembenahan terkait interkoneksi data. Untuk menuju pemerintahan berbasis elektronik, Dinas Kominfo akan membenahi lalu lintas data dan interkoneksi antar aplikasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan E-Government Dinas Kominfo Kota Parepare, Hariyanto saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (2/1/2019.

“tahun ini, beberapa aplikasi saling terkait menuju pemerintahan berbasis elektronik yang harus dibenahi, mulai dari aplikasi Pemerintahan secara Internal, yaitu persuratan Elektronik antar Bidang, perencanaan dan penganggaran keuangan. Karena pilarnya itu, ada di Kantor Dinas Kominfo sendiri, maka prosesnya juga harus dimulai pada Kantor Kominfo sendiri, “jelas Anto Sapaan akrab lulusan IPDN ini.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk persuratan Elektronik tahun 2019 ini tetap dilakukan yang sebelumnya telah berjalan pada triwulan terakhir tahun 2018 lalu. Hal ini sesuai intruksi Sekretaris Daerah yang telah ditindak lanjuti oleh Dinas Kominfo Kota Parepare, bahwa tahun 2019 Jajaran Pemerintah Kota Parepare harus berbasis Elektronik.

“semua kita tindak lanjuti dengan membuat Email untuk semua SKPD di Pemerintahan Kota Parepare, “Ucapnya.

Namun, tambahnya, untuk memaksimalkan Pemerintahan berbasis Elektronik di Kota Parepare, Dinas Kominfo pada tahun 2019 ini, akan menerapkan konsep smart city yaitu Metropolitan Area Network (MAN). Karena konsep Smart City menurutnya, merupakan sebuah konsep bagaimana mengelola Kota dengan cara-cara yang cerdas.

“Metropolitan Area Network ini akan mentransmisikan data atay Informasi yang tidak lagi bersifat Pribadi/Institusi, tetapi data atau informasi akan bersifat semipublik. MAN juga bisa mencakup kawasan yang lebi luas jika dibanding dengan Local Area Network (LAN). Melalui MAN ini informasi dapat disebarkan dengan lebih cepat dan meluas, “tutupnya.

Peliput : Anty