Tanggapan Fraksi Hannas Terkait Ranperda RPJMD 2018 -2023 dan Ranperda IMD


PAREPARE, – Enam Fraksi DPRD Kota Parepare memberikan pandangan umum mengenai Rancangan Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah 2018 – 2023 dan Ranperda Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan Pemberian ASI (Air Susu Ibu) Ekslusif bagi bayi, dalam siding Paripurna yang digelar, Kamis (17/1/2019)
Dalam sidang tersebut, secara umum ke enam fraksi yakni Fraksi Demokrat, Fraksi Gerbang Indonesia, Fraksi PDIP, Fraksi PAN, Fraksi Golongan Karya, dan Fraksi Hannas sepakat menerima Ranperda yang diajukan dengan berbagai catatan dan masukan, untuk selanjutnya dilakukan pembahasan dalam rapat-rapat kerja dengan SKPD terkait dengan tahapan dan mekanisme yang berlaku.

Dalam pandangan umum Fraksi Gerbang Indonesia yang dibacakan oleh Gustam, menguraikan, bahwa dalam penyusunan RPJMD Kota Parepare, memegang prinsip yaitu transparan, responsive, efisien, efektif dan berkeadilan. Pemerintah Kota Parepare diharapkan dalam pelaksanaan pembangunan pada pilar kesehatan, tentunya ada peningkatan penyediaan jasa tenaga kesehatan yang professional, serta fasilitas kesehatan yang lebih memadai.

Sementara untuk Ranperda Inisiasi Menyusui Dini (IMD) juga memandang perlu terwujudnya Ranperda tersebut untuk disahkan menjadi Perda, karena pada prinsipnya jika pemenuhan hak ibu dan bayi terakomodir, maka akan tercipta generasi dan masyarakat yang berkualitas.
“hal ini bisa terwujud dengan peningkatan peran kelembagaan terhadap pelayanan kesehatan dalam melaksanakan fungsi-fungsi kontrol,”tutupnya.

Peliput : yanti