Hilangkan Kawasan Kumuh, KOTAKU Sasar Wilayah Lakessi

PAREPARE, Rakyatsulesl – Upaya Pemerintah Kota Parepare untuk mengatasi kawasan kumuh, patut mendapat acungan jempol. Beberapa titik kumuh di Parepare, menjadi sasaran untuk ditangani secara bertahap, khususnya pada sektor Perumahan dan Kawasan (PKP).
Menindaklanjuti hal tersebut, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Parepare selaku Pokja PKP, mengundang SKPD dan stakeholder terkait untuk rapat koordinasi penanganan kumuh skala kawasan di area Niaga Lakessi.
Rapat tersebut dihadiri dari Kementerian PUPR yang digelar di Ruang rapat Bappeda, beberapa hari lalu.
Tim Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Milkar, pada kesempatan itu mengemukakan, bahwa kawasan Niaga Lakessi Tahun ini menjadi sasaran Pembangunan jalan dan Drainase dua ruas, yakni Jalan Amin Laengke dan Jalan Pelita.
Sementara ketua Pokja PKP Bidang Perencanaan, Zulkarnaen mengatakan, kedua ruas jalan tersebut yakni jalan Amin Laengke dan Jalan Pelita, akan dibenahi untuk mengurai kemacetan dan menghilangkan kesan kumuh.
“saat Tim KOTAKU turun ke lokasi, kami juga mengundang kepala pasar Semi Modern Lakessi untuk ikut membahas tekhnis soal dampaknya jika kawasan gerbang niaga dibenahi,”ujar Zul.
Lanjut Zul, kawasan yang sudah teridentifikasi ini akan ditangani secara bertahap dan akan diupayakan akan rampung tahun ini.
Sementara Pengelola Gerbang Niaga Lakessi, Ramlan mengingatkan, soal pembenahan Gerbang Niaga perlu ada koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait, agar tidak merugikan pedagang setempat, dan tidak menimbulkan polemik di masyarakat.
“yang jelasnya saya selaku pengelola siap mendukung pembenahan Gerbang Niaga, tandas Ramlan.

Peliput : yanti