Puluhan Pelajar Patroli Laut dan Operasi Pasar Barang Ilegal Bersama Bea Cukai

Satu Hari Menjadi Bea Cukai Parepare. itulah tema kegiatan yang diadakan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) C Parepare untuk memberi kesempatan kepada para pelajar dan mahasiswa Kota Parepare agar dapat merasakan menjadi bagian dari Bea Cukai.

Beberapa pelajar dan para petugas bea cukai bersama-sama menyusuri toko-toko rokok, vapor dan minuman keras untuk mencari barang ilegal, sebagian lainnya berpatroli laut menggunakan kapal BC 1014 berkapasitas 10 orang untuk menindaki jika ada penemuan ilegal, Kamis (21/02/2019).

Humas KPPBC TMP C Parepare, Sofyan Hakim mengatakan, pelajar yang menjadi bagian dari bea cukai sehari tersebut, selain dapat merasakan secara langsung juga mendapat informasi terkait tugas dan fungsi petugas Bea Cukai.

Siswa SMAN 2 Parepare, Muhammad Raihan mengungkapkan rasa senangnya menjadi bagian dari bea cukai meski hanya sehari. Menurutnya ada banyak sekali pemahaman yang didapatkannya termasuk cara memeriksa rokok, vapor dan minuman keras legal yang dilekati pita cukai asli.

Dalam patroli laut dan operasi pasar kali ini tidak ditemukan adanya barang ilegal, Kota Parepare dalam beberapa bulan terakhir memang termasuk Kota yang cukup bersih dengan barang ilegal, penemuan barang ilegal sangat sering ditemukan didaerah tetangga seperti Sidrap dibandingkan Kota Parepare.

Peliput : Nurfadila Wahid