Musrenbang Perempuan Forum Pengarustamaan Gender

PAREPARE, – Musrenbang Perempuan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota merupakan hal yang relatif baru dilaksanakan di Kota Parepare dan merupakan salah satu inovasi Pemerintah Kota untuk memberikan ruang yang lebih memadai bagi kaum perempuanuntuk berpartisipasi secara aktif dalam perumusan perencanaan pembangunan daerah.

Hal tersebut disampaikan Kabid SDM dan Sosbud Bappeda Parepare H. Andi Ardian Asyraq dalam laporannya.

Menurutnya, keterlibatan perempuan dalam perumusan pembangunan daerah diharapkan akan mampu menghasilkan kebijakan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan kaum perempuan menjadi solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh kaum perempuan selama ini.

“pada pelaksanaan musrenbang perempuan ini kita mengangkat isu-isu yaitu kekersan terhadap perempuan, kepemimpinan perempuan, perlindungan perempuan rawan sosial dari perdagangan orang,”terang Andi Ardian.

Hasil akhir yang diharapkan dari peneyelenggaraan Musrenbang perempuan Tahun 2019 ini, adalah daftar usulan prioritas pembangunan yang responsif terhadap kebutuhan perempuan yang selanjutnya akan dibahas pada Musrenbang RKPD Kota Parepare Tahun 2020.

Peliput : Yanti