Panen Raya, Pemerintah Kota Parepare dan Warga Gelar Panen Perdana


PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare bersama warga kelompok tani Kecamatan Bacukiki, menggelar Panen Raya di Bocco-boccoe, Kelurahan Wataang Bacukiki, yang dihadiri Sekretaris Daerah Kota Parepare H.Iwan Asaad, Ap.M.Si, bersama beberapa pejabat jajaran Pemerintah Kota Parepare, Kamis (28/3/2019).

Iwan Asaad mengatakan, Bocco-boccoe yang ada di kelurahan watang bacukiki, memang telah menjadi salah satu tempat untuk menggelar panen perdana. Panen perdana ini juga pertanda bahwa, masyarakat sudah siap melaksanakan panen perdana, yang diikuti dengan beberapa kegiatan kebiasaan masyarakat, salah satunya Mappadendang.

“Proses adat ini, seperti tanam padi, panen raya, Mappadendang dan beberapa kegiatan kebiasaan masyarakat, jangan dihilangkan. Ini akan terus dilesatrikan untuk menjaga budaya warga Kecamatan Bacukiki,”Ujar Mantan Kepala Bappeda Parepare.

Proses Ritual Mappadendang pada kegiatan Panen Raya ini dilakukan sebagai tanda kesyukuran kepada sang khalik yang dikenal sebagai pesta panen suku bugis.

Peliput : Yanti