PTPS Bacukiki Barat Diminta Jaga Integritas


PAREPARE, – Sebanyak 129 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kecamatan Bacukiki Barat Kota Parepare, diberikan pelatihan dan bimbingan tekhnis, dalam rangka pemilihan umum DPR, DPD, DPRD serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Bacukiki Barat Kardini, dan didampingi oleh Komisioner Divisi Pengawasan Amiruddin dan Komisioner Divisi SDM Bacukiki Barat Muhammad Helmy yang dilaksanakan di Gedung SKB Kota Parepare, Rabu (3/4/2019).

Ketua Panwascam Bacukiki Barat Kardini sebelum membuka kegiatan tersebut mengatakan kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan kapabilitas PTPS.

“Kegiatan ini sangat penting dilakukan, agar PTPS paham tentang tugas dan wewenangnya, serta hak dan kewajibannya ketika berada di PTPS. kemudian bagaimana cara mereka menangani sebuah pelanggaran yang terjadi di TPS, ” kata Kardini.

Kardini juga menyampaikan, ada beberapa titik yang akan menjadi fokus pada pemilu mendatang.

“diantaranya, mengawasi kegiatan pemungutan suara dan yang kedua mengawasi kegiatan penghitungan suara yang mencakup mencermati akurasi Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Pindahan (DPPh), serta integritas dan profesionalitas petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mengawasi politik uang baik di masa tenang maupun di hari pencoblosan,” jelasnya.

Melalui pelatihan ini, Kardini berharap agar nantinya para peserta bisa menjalankan tugas dengan menjaga Integritas, karena ini merupakan amanah yang telah diatur oleh undang-undang.

Peliput : Yanti