Bawaslu Kota Parepare Intens Sosialisasi Pengawasan Pemilu


PAREPARE, – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Parepare, menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu di Hotel Pare Wisata, Senin (08/04/2019).

Kegiatan dihadiri Kepala Sekretariat Bawaslu Sulsel, Sudirman Rahim, Ketua Bawaslu Parepare, Zainal Asnun bersama Komisioner Bawaslu Parepare, Ihdar dan Nur Islah.

Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Parepare Ismail Yusuf mengatakan, kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk memberi motivasi dan meningkatkan pemahaman kepada masyarakat tentang aturan-aturan kepemiluan.

“Pemilihan DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, telah berjalan pelaksanaan tahpan, sehingga Bawaslu melakukan berbagai upaya pencegahan, pengawasan dan penanganan pelanggaran pemilu dengan menggelar sosialisasi,”jelas Ismail.

Adapun Output yang diinginkan dari sosialisasi ini lanjut Ismail, adanya kemampuan menelaah regulasi tentang upaya pencegahan politik uang.

Sementara Ketua Bawaslu Kota Parepare Zainal Asnun yang membukan kegiatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan karena Bawaslu Parepare menganggap perintah undang-undang merupakan kewajiban partisipatif dengan merangkul masyarakat berbagai elemen.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjalin sinergitas supaya pemilu aman tertib jujur dan adil. Di satu sisi, kami juga berharap kritik, saran, masukan dan bantuan dari masyarakat untuk menyukseskan pengawasan pemilu,”tandasnya.

Hadir pada kegiatan tersebut sebagai peserta di antaranya, tokoh masyarakat, agama, tokoh pemuda, mahasiswa, LSM dan pers. Pada kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Anggota DKPP Bawaslu RI, Prof. DR. Muhammad, dengan tema Peran DKPP dalam Penegakan Kode Etika Penyelenggara Pemilu serta Mendorong Pemilu yang Berintegritas. Materi lainnya yakni Tata Cara Melaporkan Dugaan Pelanggaran, yang akan dibawakan oleh Komisioner Bawaslu Parepare.

Peliput : yanti