Arus Mudik di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare

Arus memasuki lima hari sebelum hari raya idul fitri 1440 hijriah / 2019 masehi, puncak arus mudik di pelabuhan nusantara kota parepare mulai terasa, ini terlihat dengan padatnya pemudik yang berdatangan melalui armada laut yang sandar di pelabuhan nusantara kota parepare.

Berdasarkan data kantor syahbandar dan otoritas pelabuhan parepare, H-5 lebaran tercatat sekitar 19.789 jiwa yang tiba di kota parepare, dan berangkat sekitar 4.855 jiwa, dibandingkan tahun sebelumnya, penumpang arus mudik yang tiba di pelabuhan nusantara tahun ini mengalami peningkatan sekitar 28 persen.

Pada tahun 2018 tercatat sekitar 15.405 jiwa pemudik yang tiba di pelabuhan parepare , sedangkan tahun di 2019 ini tercatat sekitar 19.789 jiwa.

Sementara pagi tadi dua kapal asal samarinda dan nunukan tiba di pelabuhan nusantara, yaitu km adithya, berangkat dari pelabuhan samarinda dengan memuat penumpang sekitar 1.800 jiwa, dan km thalia, berangkat dari pelabuhan nunukan dengan memuat penumpang sekitar 1.210 jiwa.

Kelonjakan penumpang melalui jalur ini disampaikan oleh pengusaha kapal syamsul latanro, kelonjakan pemudik tahun ini diakibatkan harga tiket pesawat yang mahal, sehingga banyak pemudik yang menggunkan jasa angkutan laut untuk menuju kampung halaman.

Peliput:Erwin