Aliansi Peduli Indonesia Tolak RUU Pertanahan dan Revisi UU KPK

Ribuan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Peduli Indonesia melakukan aksi damai dengan bersama-sama menyuarakan penolakan terhadap RUU Pertanahan dan Revisi UU KPK dengan membakar ban di Patung Tunas Kelapa, Selasa, 24 September 2019.

RUU Pertanahan yang sarat kontroversi tersebut memang ada beberapa pasal di dalamnya rentan mengkriminalisasi masyarakat. Salah satunya Pasal 91, yang berbunyi: “Setiap orang yang menghalangi petugas dan/atau aparatur penegak hukum yang melaksanakan tugas pada bidang tanah miliknya atau orang suruhannya, dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun denda paling banyak Rp500 juta.

Sedangkan terkait disahkannya revisi UU KPK juga sebelumnya telah banyak menuai kontra diberbagai lapisan masyarakat. KPK dinilai telah dilemahkan dengan beberapa aturan revisi UU KPK.

Adapun yang massa yang terlibat dalam aksi tersebut yakni seluruh mahasiswa di Kota Parepare, dari IAIN, UM, Stie Amsir, juga berbagai organisasi seperti HMI yang tergabung dalam Aliansi peduli indonesia.

Peliput:Nurfadila Wahid