FMPPS Kota Parepare Diharap dapat Menjadi Mitra Untuk Mengawasi Konten Penyiaran

PAREPARE, – Guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman anggota FMPPS Kota Parepare agar terbentuk penyiaran sehat, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare menggelar Sosialisasi Forum Masyarakat Peduli Penyiaran Sehat (FMPPS).

Sosialisasi yang dibuka oleh Wakil Walikota Parepare H.Pangerang Rahim didampingi Kepala KPID Sulsel Mattewakkang dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare H.Iskandar Nusu, melibatkan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL), Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), Lembaga Penyiaran Komunitas (LPK), Lembaga Penyiaran Berlangganan (LPB) dan juga unsur Masyarakat, yang dilaksanakan di Hotel Grand Star Parepare, Rabu (2/10/2019).

Kepala Bidang IKP Dinas Kominfo Kota Parepare Arwah Rahman menyampaikan, kegiatan ini dilakukan agar anggota FMPPS Kota Parepare dapat menjadi perpanjangan tangan dalam meluruskan isu-isu atau info yang beredar, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi yang aktual dan terpercaya.

“Anggota Forum MPPS yang dibentuk pada tahun 2015 ini, dapat menjadi Pemerintah Daerah, agar melakukan tugas pengawasan isi siaran dan melakukan edukasi kepada masyarakat khususnya terkait fenomena berkembangnya berita-berita hoaks di tengah-tengah masyarakat,”jelas Arwah Rahman.

Sementara Wakil Walikota Parepare H.Pangerang Rahim pada kesempatan tersebut mengatakan, Kehadiran FMPPS ini diharapkan dapat berperan untuk memberikan pencerahan sekaligus sebagai wasit di masyarakat untuk menangkal tayangan-tayangan tidak sehat yang tersaji, sehingga masyarakat dapat memfilter generasi muda dari perilaku negatif sebagai akibat dari munculnya siaran yang ada.

“Saya berharap, FMPPS ini dapat membantu tugas KPID dalam mengawasi tayangan-tayangan media elektronik. Karena tidak dapat dipungkiri, banyak tayangan televisi yang telah melenceng dari peran media televisi sebagai media pendidik. Selain itu, kata dia, juga banyak tayangan yang menggerus dan menyebabkan dekadensi moral anak bangsa,”Pinta Pangerang Rahim.

Tidak hanya itu, tambah Pangerang Rahim, dalam upaya menciptakan penyiaran sehat, Pemerintah Kota Parepare juga mengharapkan peran dari Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang merupakan mitra dari Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan informasi publik, sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas.

“keterlibatan KIM dalam FMPPS sangat besar, dalam hal pemantauan konten penyiaran. Ini sangat membantu KPID dalam mengontrol konten penyiaran yang berbahaya di Daerah, dan dapat membantu Pemda ikut peduli penyiaran sehat bagi masyarakat,”harapnya.

Peliput:Yanti