Retas Hoax, Program Baru Andalan Diskominfo Parepare

PAREPARE – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Parepare dalam waktu dekat bakal meluncurkan program Retas (Parepare Berantas) Hoax dalam bentuk talkshow khusus di Televisi Peduli Parepare. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, H.M Iskandar Nusu, Kamis, 3 Oktober 2019.

Ditemui di ruang kerjanya, Iskandar menjelaskan, sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL), TV Peduli harus mengambil peran signifikan dalam penyediaan informasi yang komprehensif terkait isu-isu yang tengah berkembang di masyarakat.

Ia menjelaskan, dirinya telah menyetujui pelaksanaan program Retas Hoax yang diajukan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi  Publik sebagai bentuk inovasi proyek perubahan pada  Latpim III Angkatan VII Pemkot 2019 tahun ini.

“Saat ini sebagaimana kita liat sebaran informasi hoaks terkait pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan daerah, termasuk kebijakan nasional, masih sangat tinggi,. Ini tentu harus dicarikan solusi, dan terkait itu insya allah dalam waktu dekat TV Peduli Parepare akan meluncurkan Program Retas Hoax,” terang Iskandar.

Terpisah, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi  Publik, Arwah Rahman, menjelaskan, Talkshow Retas Hoax nantinya akan menghadirkan narasumber kredibel dan kompeten di bidangnya, guna menjelaskan secara lengkap setiap isu yang dibahas. Program baru TV Peduli ini diharapkan dapat menjadi bagian solusi terhadap maraknya informasi hoax, utamanya di Media Sosial.

Adapun tema, nanti akan disesuaikan dengan isu apa yang tengah menjadi perhatian publik. “Insya Allah sekali sepekan dengan narasumber akan didatangkan dari SKPD/OPD lingkup Pemerintah Kota Parepare, Instansi Vertikal/Lembaga/BUMN/BUMD,” kata La Ode, sapaan akrab Arwah Rahman, ditemui usai menerima kunjungan tim penilai kegiatan verifikasi Governor Award For Inovation (GAFI) Sulsel, di Studio TV Peduli, Kamis, 3 Oktober 2019.

Pihaknya juga akan berupaya mendatangkan pimpinan TNI/Polri, termasuk pimpinan media, coorporate  dan masyarakat umum, sehingga penjelasan yang disampaikan bisa lebih kaya dan maayarakat bisa tercerahkan.

Sekadar informasi, tahun ini TV Peduli Parepare menjadi salah satu inovasi Pemerintah Kota Parepare yang berhasil lolos di ajang GAFI. “Alhamdulillah dari dua kali babakan penilaian, kita (TV Peduli, red) berhasil lolos dan hari ini diverifikasi,” ungkap La Ode.

Saat ini TV Peduli mengelola beberapa program informasi diantaranya Apa Kabar Parepare (AKP) pagi, siang, petang dan malam. Kemudian, sekilas info pukul 13.00 Wita, pukul 14.00 Wita, pukul 15.00 Wita dan pukul 16.00 Wita. Selanjutnya program peduli news, dan ensiklopedi peduli.

Rencananya, program Talkshow Retas Hoax akan melengkapi program talkshow yang telah ada, yaitu Talkshow KOMISI (Komentar, Opini dan Solusi) setiap Senin dan kamis, Talkshow Dinamika Pembangunan setiap selasa, Talkshow Sehat Bersama RSUD Andi Makkasau setiap rabu dan Talkshow DAI (Dialog Agama Islam) setiap Jumat.