Selama Covid-19 Stok Menipis, UDD PMI Ajak Masyarakat Donor Darah


Merebaknya Covid-19 juga berdampak pada ketersediaan kantong darah di Parepare. Khususnya di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Parepare, jumlah sangat menipis yakni hanya 31 kantong darah per tanggal 10 April 2020.

Teknisi Pada Unit Donor Darah UDD PMI Parepare, Rina menjabarkan stok darah yang tersisa yakni sembilan golongan darah A, tujuh darah B, Sembilan darah O dan enam darah AB. Menipisnya stok darah tersebut kata Rina, merupakan dampak dari Covid-19 yang membuat vpara pendonor takut untuk mendonorkan darahnya.

Normalnya kata rina, jumlah kantong darah UDD PMI berkisar puluhan kantong per golongan darah. Hal itu juga dikarenakan bukan hanya jumlah pendonor sukarela yang sudah mulai kurang datang, juga karena kantor yang WFH dan kampus yang diliburkan yang membuat kegiatan rutin donor darah tidak berjalan.

Meski menipis, permintaan darah dari rumah sakit di Parepare masih aman dan tercukupi. Pihaknya juga menerapkan sistem menghindari penyebaran covid-19, dengan mengajak masyarakat yang donor darah untuk melaksanakan screning terlebih dahulu untuk memastikan pendonor tidak ada gejala covid-19 dan sehat.

Peliput:Nurfadila Wahid