Disnaker Parepare Buka Konsultasi Program Kartu Prakerja


PAREPARE – Pendaftaran Kartu Prakerja telah dibuka oleh pemerintah. Melanjutkan program tersebut Dinas Ketenagakerjaan Kota Parepare membuka konsultasi bagi pencari kerja dimulai tanggal 13-16 April 2020.

Kabid Penempatan dan Pelatihan Ketenagakerjaan, Disnaker Parepare, Abd Rahman menerangkan, program kartu Prakerja ini diperuntukkan untuk masyarakat yang belum mempunyai pekerjaan. Diutamakan bagi tenaga kerja yang terdampak covid-19 yakni bagi yang dikenakan Pemutuhan Hubungan Kerja (PHK) atau yang dirumahkan.

Abd Raman menambahkan, khusus provinsi Sulawesi selatan, para peserta dibatasi hingga 158.956 orang. peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang sebesar Rp 3.550.000 untuk keperluan biaya pelatihan dan insentif (uang saku). Adapun Cara daftar Kartu Prakerja dilakukan secara online di laman www.prakerja.go.id. Syarat Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI), usia minimal 18 tahun, dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal. Biaya pelatihan program ini ditanggung oleh pemerintah, sehingga peserta tak perlu membayar atau gratis untuk ikut pelatihan atau kursus yang ada.

Peliput:Nurfadila Wahid