Menjadi Sahabat Masyarakat, Kejari Parepare Siapkan Pos Pelayanan Konsultasi Hukum Gratis


Kejaksaan Negeri Parepare menyiapkan pos pelayanan konsultasi hukum gratis. Pelayanan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang hukum bagi masyarakat, sehingga bisa merasa nyaman dalam berkonsultasi dan menjadi sahabat Kejari Parepare. Hal tersebut dikatakan Kepala Kejaksaan Negeri Parepare, Amir Syarifuddin, Rabu 3 Juni 2020.
Menurutnya Konsultasi tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat ataupun instansi pemerintah, BUMN, dan Swasta setiap hari kerja. Konsultasi hukum ini kata dia merupakan bentuk edukasi atau pendidikan, yang bertujuan memberikan pemahaman pada masyarakat bagaimana menyelesaikan perkara hukum secara umum yang mereka hadapi.
Sejak dihadirkannya Pos layanan di Kantor dan Secara Online, Tercatat sudah ada sebanyak 17 orang yang berkonsultasi. Adapun alur pelayanan hukum bidang perdata dan tata usaha negara kejari Parepare, yakni melakukan permohonan pelayanan hukum, kemudian ditelaah oleh JPN, selanjutnya analisis hukum, kemudian Kajari menerbitkan surat perintah JPN, lalu JPN memberikan konsultasi dan pendapat informasi baik secara lisan maupun tertulis.

Peliput:Nurfadila Wahid