Dinas Kesehatan Parepare Salurkan Vitamin Angel di 8 Puskesmas


PAREPARE, – Untuk mencegah stunting pada balita di kemudian hari, Dinas Kesehatan Kota Parepare membagikan Vitamin Angel bagi Ibu Hamil dan Ibu menyusui. Pencegahan stunting ini penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari dampak jangka panjang yang merugikan seperti terhambatnya tumbuh kembang anak.
Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Parepare Halwatiah, dalam kegiatan launching Vitamin Angel di Rumah Jabatan Walikota Parepare, Jumat (24/7/2020).
Menurut Halwatiah, sasaran konsumsi vitamin Angel ini meliputi remaja putri, calon pengantin, Ibu hamil dan Ibu menyusui. Namun untuk mengawali program ini, Vitamin Angel difokuskan kepada Ibu hamil dan Ibu menyusui.
“untuk Ibu hamil sebanyak 1004 orang dengan usia kehamilan 10-12 minggu, sementara Ibu menyusui sebanyak 260 orang. Pembagian vitamin Angel ini dibagikan secara gratis di delapan puskesmas yang ada di Kota Parepare,”papar Halwatiah.
Halwatiah juga menyampaikan, bahwa Vitamin Angel ini merupakan bantuan hibah dari sebuah Lembaga Internasional yang berkedudukan di Santa Barbara Amerika Serikat bekerjasama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas).
“Sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Naskah kesepahaman bersama antara Unhas dan Pemkot Parepare, yang telah ditanda tangani oleh Walikota Parepare dan Rektor Unhas di Gedung Pasca Sarjana Unhas. Vitamin Angel ini diterima pad tanggal 5 juli 2020, sebanyak 378 botol atau 68.040 kapsul,”urainya.
Sementara Kepala Bidang Kepala Bidang Pelayanan,Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna,S.ST,M. Mengatakan, bahwa pemberian Vitamin Angel ini baru dilaksanakan di Kota Parepare di seluruh indonesia Vitamin Angel ini kata dia, memiliki manfaat bagi setiap Ibu wanita hamil dan menyusui untuk peningkatan kebutuhan zat gizi termasuk kebutuhan vitamin dan mineral.
“Vitamin Angel (malaikat) sesuai dengan namanya, membantu turunkan anemia (kurang darah), pencegahan rabun senja,dan gejala lain yang berhubungan dengan defisiensi ( kekurangan) vitamin dan mineral,membantu meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas),meningkatkan berat badan lahir,membantu pertumbuhan fisik dan meningkatkan perkembangan kognitif anak yang akan berdampak pada penurunan privalensi stunting,Penurunan Angka Kematian Bayi (AKB) dan Angka Kematian Ibu (AKI),”urai Kasna.
Vitamin angel ini, tambahnya, hadir sebagai pelengkap dengan kandungan 15 macam zat gizi yg dikemas dalam bentuk vitamin dan mineral. Semakin cepat seorang ibu hamil mengkonsumsi vitamin dan mineral,manfaatnya semakin besar terhadap kualitas kesehatan ibu dan bayi,”terangnya.(Yanti)