Dituntut Untuk Lebih Berkreasi, Dekranasda Parepare Beri Pelatihan Bagi Perajin Limbah Laut Terdampak Covid


PAREPARE,- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare, bekerjasama dengan beberapa organisasi lainnya seperti, Tim Penggerak PKK, BKMT, dan FKPPI, menggelar pelatihan bagi perajin terdampak Covid-19, untuk pemanfaatan limbah laut dalam menciptakan produk unggul di masa Pandemik tahun 2020.

Ketua Dekranasda Kota Parepare, Hj. Erna Rasyid Taufan mengatakan, dalam masa pandemi ini, dampak covid-19 sangat memberikan pengaruh yang besar kepada pelaku usaha, tak terkecuali terhadap industri kecil menengah (IKM).

Olehnya itu, para perajin yang terdampak covid, tidak hanya dituntut untuk memproduksi saja, namun dituntut untuk lebih berkreasi lagi.
“di tengah pandemi covid-19 ini, bagaimana kita harus lebih berkreasi supaya hasil produksi keliatan lebih indah, tidak sekedar menempel-nempel saja, tetapi harus ada nilai seni,”Jelas Erna.

Dalam pelatihan tersebut, diberikan materi mengenai bagaimana hasil laut atau kerang-kerangan bisa menjadi nilai komsumtif di tengah-tengah masyarakat agar supaya bisa membantu perekonomian keluarga.

“Apalagi di tengah situasi yang penuh hikmah ini, bahwa kita perempuan diharuskan tinggal di rumah, namun bukan Cuma perempuan, tapi laki-laki pun. Dengan kondisi ini, saya pikir, ibu-ibu rumah tangga pasti bisa lebih berkreasi, tetapi kita ingin ada nilai ekonomisnya, makanya kita menggelar pelatihan lagi yang setiap tahun memang dilaksanakan oleh Dekranasda,”terangnya.
Dalam pelatihan tersebut menghadirkan pemateri Ibu Erlis Yaleswati asal Maros.


peliput:Yanti