Bina Anak Jalanan, Puspaga Bentuk Program Inspirasi Sekolah Anak Pasar


Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Parepare akan membentuk pembinaan anak-anak jalanan. Program tersebut terbentuk dalam Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) yang baru dilaunching bulan ini.

Kabid Kesetaraan Gender DPPPA Parepare, Sriyanti Ambar mengatakan setelah lounching, Puspaga membuat beberapa program salah satunya Inspirasi Sekolah Anak Pasar (ISAP).

Menurutnya pembentukan untuk pembinaan anak pasar didasari oleh banyaknya anak-anak jalanan khususnya di sekitar pasar yang masih perlu untuk mendapatkan pembinaan selain dari orang tuanya sendiri.

Puspaga tambahnya masih akan mengadakan pertemuan untuk membahas kegiatan program ISAP termasuk tim pembina, relawan, jumlah anak binaan, serta edukasi dan konseling yang akan dilakukan.

Sriyanti berharap dengan program ini, dapat meminimalkan dampak negatif dari anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa. Selain itu Angka perceraian khususnya di Kota Parepare bisa menurun dengan adanya edukasi dan konseling yang dilakukan puspaga, senada dengan visinya yakni
mempertahankan keluarga yang utuh.

Peliput: Nurfadila Wahid