Cegah PHK di Tengah Covid-19, BPJS Ketenagakerjaan Ringankan Iuran Perusahaan Hingga 99 Persen


PAREPARE-Kabar gembira bagi pemberi kerja atau perusahaan yang mengikutkan pekerjanya dalam program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Pasalnya, Pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2020 tentang Penyesuaian Iuran Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Selama Bencana Non-Alam Penyebaran Covid-19.

Dalam PP tersebut, Pemerintah meberikan keringanan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan) untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm) hingga 99 persen.

Kacab BPJS Ketenagakerjaan Parepare, Arfiany mengatakan, iuran untuk JKK dan JKm yang dibayarkan hanya satu persen dari iuran yang biasa dibayarkan pada bulan-bulan sebelumnya. Menurutnya meski relaksasi hingga 99 persen, namun dipastikan tidak mempengaruhi nilai manfaat atas dua program dasar program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan BPJamsostek itu.

Menurutnya, keringanan alias relaksasi tersebut berlaku selama enam bulan, mulai Agustus 2020 hingga Januari 2021 mendatang. Kebijakan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah dan BPJamsostek untuk meringankan beban pemberi kerja dalam rangka mencegah adanya PHK selama pandemi Covid-19.

Peliput:Nurfadila Wahid