TV Peduli Hadirkan Program Belajar dari Rumah

PAREPARE–Kabar gembira bagi orang tua dan seluruh siswa di Kota Parepare. Program belajar dari rumah pengganti aktivitas belajar di sekolah kini hadir di Kota Parepare melalui lembaga penyiaran LPPL TV Peduli Parepare. Program yang diperuntukkan untuk murid SD dan SMP ini mulai efektif tayang Senin, 21 September 2020.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare, La Ode Arwah Rahman, menjelaskan, program belajar dari rumah melalui TVPeduli diluncurkan Pemerintah Kota Parepare, sehubungan belum kondusifnya situasi pandemi Covid-19, sehingga tidak memungkinkan untuk menyelenggarakan kegiatan proses belajar mengajar di sekolah.

Program ini kata La Ode merupakan upaya Pemerintah Kota Parepare memberikan kemudahan bagi terselenggaranya kegaiatan belajar mengajar yang murah dan mudah di masa pandemi. Utamanya kata dia, masyarakat yang secara ekonomi atau geografis sulit mengakses internet.

“Sebagaimana kita lihat, saat ini pandemi Covid – 19 belum menunjukkan penurunan yang signifikan. Olehnya itu, pemerintah kota meluncurkan program belajar dari rumah melalui TV Peduli.
Kita berharap program ini bisa membantu anak-anak kita di rumah dalam mengakses pembelaran dari guru-guru mereka,” kata La Ode.

La Ode menambahkan, program belajar dari rumah terlaksana atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Parepare dan Dinas Pendidikan Kota Parepare. Tayang setiap hari (Senin-Jumat) dengan tiga slot waktu, yakni pukul 08.00 Wita sampai pukul 09.00 Wita, pukul 11.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita serta pukul 14.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita.

Setiap slot waktu dibagi tiga mata pelajaran untuk tiga jejang kelas. Untuk edisi Senin, 21 September 2020 misalnya, slot waktu pukul 08.00 Wita sampai pukul 09.00 Wita diisi mata pelajaran Tematik untuk Kelas VI, V dan IV SD. Sementara pukul 11.00 Wita sampai pukul 12.00 Wita kembali diisi mata pelajaran Tematik Kelas III, II dan I SD.

“Adapun untuk SMP, yakni kelas III, II dan I kita siapkan slot waktu pukul 14.00 Wita sampai pukul 15.00 Wita. Dengan demikian, untuk jenjang pendidikan SD dan SMP, semua kelas mendapatkan jatah slot waktu,” kata La Ode.
Menurut La Ode, selain melalui TV Kabel, masyarakat Parepare juga dapat menyaksikan tayangan program belajar dari rumah melalui streaming fanpage TV Peduli . Adapun untuk TV Kabel, dapat disaksikan di dua TV Kabel Parepare, yakni TV Yusma dan Visual TV.

“Dari segi akses Alhamdulillah tidak ada lagi masalah karena saat ini TV Peduli sudah ada di semua saluran TV Kabel Parepare, baik itu Yusma maupun Visual. Seluruh masyarakat Parepare yang memiliki televisi kini dapat menonton TV Peduli. Selain itu TV Peduli juga dapat diakses melalui sosial media, yakni fanpage TV Peduli,” tandas La Ode. (*)