Dinas Sosial Validasi dan Verifikasi DTKS 2500 Rumah Tangga Se-Kota Parepare


PAREPARE-Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Parepare sudah masuki tahap Validasi dan Verifikasi.
Hal itu dibuktikan dengan musyawarah Kelurahan yang digelar di Kelurahan Ujung Lare, Selasa, (22/9).

Kasi Jaminan Sosial dan Keluarga Dinas Sosial, Hanise SH menagatakan pihaknya memang saat ini sedang memvalidasi dan memverifikasi DTKS sebanyak 2500 orang.

Khusus Kelurahan di seluruh Kecamatan Soreang dan Kecamataan Ujung sudah rampung pada hari ini. Dua Kecamatan lagi yakni Kecamatan Bacukiki dan Bacukiki barat akan dilakukan mulai kamis mendatang.

Dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2011 disebutkan bahwa verifkasi dan validasi (verivali) data terpadu dilakukan minimal 1 kali dalam 2 tahun. Verivali itu dilakukan sesuai Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang ada di kecamatan dan desa/kelurahan, kemudian hasil verifikasi validasi tersebut dilaporkan kepada Bupati/walikota. Data yang telah diverifikasi dan validasi harus berbasis teknologi informasi.

Agar pelaksanaan verifikasi dan validasi data di masing-masing kabupaten/kota sesuai dengan mekanisme yang ditetapkan dalam Undang-undang Nomor 13 tahun 2011, maka Kementerian Sosial menerbitkan Peraturan Menteri Sosial Nomor 28 Tahun 2017 tentang Pedoman Umum Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu.

Peliput:Nurfadila Wahid