Pandemi Covid-19, BPJS Kesehatan Hadirkan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp di 082293984700


PAREPARE-Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Parepare meluncurkan Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (Pandawa).

Layanan melalui Whatsapp 082293984700 tersebut, untuk memudahkan peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) memperoleh pelayanan tanpa tatap muka di Kantor Cabang.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Parepare, Muhammad Aras mengatakan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19.
Ada pun layanan di aplikasi Pandawa BPJS Kesehatan Cabang Parepare katanya, pendaftaran baru peserta bukan penerima upah (PBPU) dan sejenis, penambahan anggota keluarga, serta pendaftaran bayi baru lahir.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi tersebut, peserta juga bisa mengubah jenis kepesertaan, perubahan data identitas seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama, tempat tanggal lahir, termasuk perubahan data golongan dan pangkat serta gaji.

Bahkan di aplikasi ini, jelas Aras, peserta JKN-KIS juga bisa mengubah fasilitas kesehatan (Faskes) peserta, penonaktifan peserta meninggal, perbaikan data ganda, termasuk pengaktifan peserta veteran, serta anak yang masih kuliah.

Aras berharap masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut, sehingga tidak perlu keluar rumah untuk bisa mendapatkan layanan di BPJS Kesehatan.

Tak hanya Pandawa, BPJS Kesehatan juga memiliki banyak Fasilitas Layanan online lainnya. Pelayanan informasi dan pengaduan juga dapat diakses melalui aplikasi Mobile JKN.

Peliput:Nurfadila Wahid