Hari Kesaktian Pancasila, Pengurus KNPI Kota Parepare Harap Adanya Kesadaran dan Konsisten


PAREPARE, – Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila setelah sehari sebelumnya mengenang para korban G30S/PKI.
Peringatan 1 Oktober memang tak lepas dari Gerakan 30 September 1965 oleh PKI yang menyebabkan 7 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur.

Moment tersebut tidak dilewatkan begitu saja oleh berbagai kalangan di beberapa daerah dan elemen masyarakat, tidak terkecuali Pengurus KNPI Kota Parepare yang merupakan Komite Nasional Pemuda Indonesia, yang mengikuti Talkshow di Tv Peduli Parepare dengan Tema “Ideologi Pancasila dan Tantangan Kedepan”.

Dalam talkshow tersebut mengundang narasumber dari salah satu Anggota KNPI Kota Parepare Abdul Rahman.
Abdul rahman pada kesempatan tersebut memberikan pesan penting bagi para Pemimpin bangsa maupun pemimpin Di Daerah dan juga mahasiswa untuk lebih sadar dan peduli terhadap Pancasila.

“Kesadaran bangsa tentang eksistensi pancasila sebagai ideologi bangsa, dimana penerapan kesadaran tentang pancasila sebagai ideologi bangsa itu mengandung pemahaman tentang adanya suatu proses pembangunan kembali kesadaran akan pancasila sebagai identitas nasional. Perlu adanya konsisten dari seluruh elelmn bangsa khususnya para pemimpin sehingga menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam berpikir dan bertindak,”Jelas Abdul Rahman.

Sementara Danramil 1405/Mallusetasi, Sudirman juga menyampaikan bahwa Pancasila harus hidup di tengah-tengah Masyarakat untuk dihayati, dimengerti dan diyakini keberadaannya oleh masyarakat, sehingga Pancasila itu harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Peliput:Yanti