Tekan Angka Perceraian, Kemenag Parepare Launching Program Pusaka Sakinah


PAREPARE, – Dalam rangka merespon program Kementerian Agama Republik Indonesia, Kementerian Agama Kota Parepare melalui KUA Kecamatan Bacukiki Barat, melaunching program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah).

Program tersebut merupakan inisiasi Kementerian Agama RI, yang menjadi salah satu cara untuk menekan angka perceraian.

Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Bimsyar) Kanwil Provinsi Sulawesi Selatan, Drs HM Nasir yang hadir untuk melaunching program tersebut mengatakan, Pusaka Sakinah ini diadakan dalam rangka memberdayakan kantor KUA di daerah dan mendukung rencana kerja Pemerintah pusat agar memberikan pelayanan yang tidak hanya pada permasalahan umum pernikahan, namun juga bisa membantu menyelesaikan permasalahan sampai ke akar persoalan untuk ketahanan keluarga.

“Terlalu tingginya tingkat perceraian di Sulawesi Selatan, yaitu pada tahun 2019 kemarin kurang lebih 10.000 orang. Jadi inilah merupakan tugas dan tanggung jawab KUA bagaimana melaksanakan pelayanan di Bacukiki Barat ini. Karena kita tahu bahwa faktor-faktor perceraian tentu adalah ketahanan keluarga,”Jelas HM Nasir.

Hal Senada disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Parepare, Abd Gaffar mengapresiasi kepada Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan atas dorongan untuk program Pusaka Sakinah ini untuk dilaksanakan di Kota Parepare. Karena 7 daerah pelaksanaan Pusaka Sakinah di Sulawesi Selatan, 1 diantaranya di Kota Parepare yaitu di KUA Kecamatan Bacukiki Barat.

Peliput:Yanti