Dukung Parepare Kota Hebat dan Berjaya, Unhas Pemkot Teken MoU Kembangkan Kawasan Kuliner Halal

PAREPARE, – Untuk menciptakan suatu kawasan kuliner Halal atau KKH yang memperoleh sertifikat dari badan penyelanggara jaminan produk halal atau BPJPH, Pemerintah Kota Parepare melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Hasanuddin, terkait kerjasama kawasan pengembangan kuliner halal di Kota Parepare.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Plt Kepala Dinas Perdagangan Hasan Ginca dengan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, yang disaksikan Rektor Unhas Prof Dr Dwi Aries Tina Pulubuhu, dan Wakil Walikota H Pangerang Rahim dan Sekretaris Daerah, Asisten serta beberapa pimpinan SKPD terkait, di Ruang Pola Kantor Walikota Parepare, Rabu (8/12/2021).

Dalam laporannya, Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Parepare, Hasan Ginca mengatakan, rencana pengembangan kawasan kuliner halal di kawasan Pare Beach karena dinilai saat ini telah menjadi salah satu kawasan kuliner yang sangat menarik perhatian masyarakat, bahkan dikenal di wilayah Ajatappareng bahkan sulawesi selatan pada umumnya.

“Berdasarkan kunjungan lapangan beberapa waktu lalu dan sesuai hasil diskusi bersama LPPM Unhas Makassar, maka ditentukan lokasi kawasan kuliner halal berada di pesisir pantai senggol yaitu Pare Beach,”Jelas Hasan Ginca.

lebih lanjut Hasan Ginca mengatakan, bahwa adanya Kawasan Kuliner halal ini, dapat menciptakan lingkungan kawasan kuliner yang mendukung tercapainya keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung di Kota Parepare.

Sementara Wakil Walikota Parepare dalam sambutannya menyampaikan, bahwa beberapa kerjasama yang telah dilakukan dengan Unhas selama ini telah membuktikan bahwa antara Pemkot Parepare dan Unhas telah terjalin sinergitas yang memberi manfaat kepada kedua belah pihak.

“Saya menegaskan bahwa Unhas senantiasa menjadi mitra pemerintah kota parepare dalam perumusan berbagai kebijakan publik dan setiap pengambilan kebijakan mulai dari kesehatan, ekonomi, hukum, pendidikan, tekhnologi serta sektor lainnya, pemerintah kota parepare akan selalu terbuka terhadap riset yang akan dilakukan oleh pihak unhas dengan tujuan pengembangan dan pembnagunan kota berkelanjutan,”tandas Pangerang.

Pada kesempatan tersebut Rektor Unhas, Dwi Aries Tina Palubuhu menyampaikan, bahwa kawasan kuliner halal ini kedepannya adalah niat besar untuk membangun halal center Universitas Hasanuddin.

“Adanya pengembangan kawasan kuliner halal ini, saya kira Kota Parepare sudah selangakah lebih maju. Ini akan menjadi salah satu destinasi wisata baru di Kota Parepare. Kami siap mendukung untuk Parepare yang lebih hebat dan lebih berjaya,”pungkasnya.(Yanti)