Tingkatkan Pengawasan, Bawaslu Teken MoU Dengan Organisasi Pemuda

PAREPARE, – Untuk meningkatkan pengawasan partisipatif, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Parepare melaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) tentang Pendidikan Politik dan Pengawasan Partisipatif.

Kegiatan penandatanganan MoU ini dilakukan di Kantor Bawaslu Parepare, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Rabu (23/2/2023).

Ketua Bawaslu Parepare Zainal Asnun mengatakan, bahwa peran mahasiswa maupun organisasi-organisasi pemuda diminta berperan untuk menjadi pemantau dan mengawasi jalannya pemilu ataupun pilkada nantinya.

“Jadi bawaslu ada harapan kepada teman-teman HMI untuk bagaimana menyebarluaskan nantinya tahapan-tahapan pemilu atau pilkada tentang regulasi-regulasi pemilu kepada masyarakat luas,”Tutur Zainal.

Kegiatan ini tambahnya, merupakan program Bawaslu dan perintah Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 untuk bagaimana meningkatkan pengawasan partisipatif yang melibatkan elemen masyarakat secara luas, secara khusus, organisasi-organisasi pemuda, tokoh agama dan organisasi agama.

“Sejak kita melaksanakan program ini, Bawaslu Kota Parepare sudah ada beberapa organisasi pemuda, yakni PMII, Pemuda Muhammadiyah, termasuk juga Universitas – universitas, terdiri dari IAIN dan Umpar Kota Parepare,”sebutnya.(Yanti)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE