Tingkatkan Skill Kelompok Rentan, DP3A Kota Parepare Gelar Pelatihan Kewirausahaan Membatik Secara Eco Print

PAREPARE, RADIO PEDULI – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Parepare, bekerjasama dengan Rumah Belajar Cinta Damai (RBCD) dan Puspa menggelar Pelatihan Kewirausahaan Bagi Perempuan Kelompok Rentan.

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare yang dihadiri Ketua Puspa dan Ketua RBCD, yang diikuti oleh perempuan kelompok rentan 4 Kecamatan, dan kader PKK Kota/Kecamatan dan Kelurahan, di Balai Ainun (29/8/2022).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Parepare Hj Erna Rasyid Taufan pada kesempatan tersebut mengapresiasi kegiatan kolaborasi yang diinisiasi oleh Dinas P3A, untuk memberikan pengetahuan bagaimana membatik secara eco print.

“Saya mengapresiasi kegiatan membatik eco print ini. Mudah-mudahan Ibu-ibu yang sudah belajar ini dapat mempraktekkan di rumah masing-masing kemudian mengajarkannya juga kepada tetangga-tetangga, untuk diajak berusaha bersama-sama,”terang Erna.

Erna berharap, agar hasil dari pelatihan-pelatihan yang sudah dimaksimalkan oleh Pemerintah, ini dapt terimplementasikan di tengah-tengah masyarakat.

“Sehingga tidak ada lagi yang namanya golongan rentan atau golongan yang termarjinalkan. Karena seperti yang saya sampaikan bahwa kita sebagai manusia diberi suatu potensi yang berbeda, dan itulah yang harus kita eksplore dan diberdaya gunakan,”harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Parepare, Andi Rusia menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), yang menjadi salah satu kunci keberhasilan pembangunan suatu negara.

“Kegiatan ini sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas keluarga khususnya pada kelompok rentan dapat terpenuhi dan pembangunan dapat dirasakan tanpa terkecuali, baik perempuan maupun laki-laki,”jelas Andi Rusia.

Senada dengan Ketua Panitia Sriyanti Ambar yang juga Kepala Bidang Kesetaraan Gender DP3A Kota Parepare, kegitan pelatihan membatik eco print ini menstimulasi kemandirian skill bagi perempuan kelompok rentan melalui pelatihan membatik dg memanfaakan daun sbg sumber warna alami sbg upaya pelestarian lingkungan menuju Kota Parepare smart environment.

“selain meningkatkan SDM perempuan-perempuan kelompok rentan yang menurut data paling banyak menjadi korban, sehingga dengan pelatihan ini, Pemberdayaan Perempuan mengupgrade skillnya juga akan menjadi stimulan dalam meningkatkan ekonomi keluarga,”tandas Sriyanti.(Yanti)