DPM-PTSP Kota Parepare Jemput Bola Ke Pasar Sumpang Terbitkan NIB Pelaku Usaha

PAREPARE, RADIO PEDULI – Tim Gabungan Dinas Pangan Aman (Gadis Paman) terus melakukan Inovasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat atau para pelaku usaha di pasar tersebut.

Seperti halnya yang dilakukan setelah pengembangan program keamanan pangan pada tahun lalu yang lebih difokuskan menjamin keamanan pangan, kini Gadis Paman melalui Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu satu Pintu (DPM-PTSP) mengembangkan inovasi tersebut dengan melakukan jemput bola untuk penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pedagang.

Kepala Dinas DPM-PTSP, Siti Rahma mengatakan, setelah program keamanan pangan, kini Tim Gadis khususnya PTSP, selain keamanan yang terjaga, pihaknya juga memastikan bahwa semua pedagang di Pasar Sumpang memiliki legimitasi usaha.

“Jadi PTSP hadir di dalamnya untuk menerbitkan Nomor Induk Berusaha (NIB) karena berdasarkan PP Nomor 5 Tahun 2021, bahwa ada hanya satu izin usaha yaitu untuk mendapatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui sistem Online Singel Submission (OSS), itu Kemudian kita fasilitasi pendampingan,”Jelas Siti Rahma.

Dengan memiliki NIB, lanjut Siti Rahma berarti akan memudahkan pengusaha mendapatkan legalitas usahanya, sehingga tidak perlu khawatir akan adanya kesulitan dalam memulai usaha dan pengembangannya.

“kami fokus dulu di pilot project yang Parepare akan laksanakan, jadi keamanan pangannya sudah juara, makanya PTSP ini hadir di dalam untuk legimitasi usaha yang ada di pasar sumpang. Kemarin kami fasilitasi ada 22 pelaku usaha, dan kurang lebih 15 sudah memiliki NIB. Selebihnya karena faktor pedagang tidak memiliki Whatsapp, sehingga baru kurang lebih 15 yang dilegimitasi,”tandasnya(Ant)