Ringankan Beban Masyarakat Pasca Banjir, Pemkot Parepare Melalui Damkar Suplai Air Bersih Ke Rumah Warga

PAREPARE, RADIO PEDULI – Banyaknya warga yang tidak mendapatkan air bersih pasca banjir yang melanda Kota Parepare Sulawesi Selatan, di sejumlah wilayah pada Jumat (18/11/2022) lalu, Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Damkar Parepare hadir untuk meringankan beban masyarakat.

Dinas Damkar yang utamanya menanggulangi kebakaran, turun membantu masyarakat dengan mengerahkan armadanya melakukan penyuplaian air bersih ke rumah-rumah warga, Rabu (23/11/2022).

Menurut Kepala Bidang Evakuasi dan Penanggulangan Kebakaran Damkar Parepare, Syafruddin Sjam, ia mengungkapkan, telah mengerahkan 6 armadanya, diantaranya 3 armada penembak untuk penyemprotan, dan 3 armada tangki untuk menyuplai air bersih. Itu ia lakukan untuk meringankan beban warga yang terdampak banjir.

” Melalui Pemerintah Kota Parepare, instruksi dari Bapak Walikota (Taufan Pawe) agar segera mungkin membantu warga yang terkena bencana, untuk meringankan beban masyarakat, “ucap Pallung, sapaan akrab kabid damkar ini.

Selain itu ia menjelaskan, sekitar 353 laporan pengaduan masyarakat yang masuk melalui Sistem Informasi Layanan Peduli Pengaduan, Penanggulangan dan Penyelamatan (SILP4), yang ingin dibantu, selain dari penyemprotan, juga ada pengaduan air bersih.

” Tiga armada penembak untuk melakukan penyemprotan dan Satu armada tangki untuk menyuplai air bersih, itu kami fokuskan ke titik-titik lokasi yang terekena banjir. Dan pengaduan masyarakat yang masuk melalui layanan SILP4 untuk layanan air bersih, itu kami layani secara bertahap, karena hanya dua armada tangki digunakan, “ujarnya.

Salah satu warga yang mendapatkan air bersih dari Damkar Parepare, Astuti mengungkapkan, apa yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Parepare khususnya Damkar, sangat membantu kami dalam penyuplaian air bersih kepada warga yang terdampak banjir.

Menurutnya, walaupun bukan pada titik paling terdampak, namun sangat membutuhkan air bersih. Apalagi pada saat akan memasak makanan untuk keluarga.

” Air bersih yang biasa kami gunakan, itu tidak lagi mengalir pasca banjir beberapa waktu lalu. Dengan adanya bantuan air bersih dari Damkar Parepare untuk warga, sangat memembantu aktifitas kami dirumah khususnya kami ibu rumah tangga, “ucapnya.(Ant)