Harap Pedagang Pasar Terlindungi Risiko Sosial, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Parepare Sosialisasikan Program

PAREPARE, RADIO PEDULI – BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Kota Parepare, kembali melakukan sosialisasi program ke para pedagang pasar.

Kali ini bersinergi dengan Dinas Perdagangan Kota Parepare, menyosialisasikan kepada para pedagang pasar lakessi dan pasar senggol, dengan harapan mereka dapat terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Hal ini disampaikan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kausariah, melalui petugas pemasaran M Iqram Syahputra dalam kegiatan Pemberdayaan Pengelola Sarana Distribusi Perdagangan (Sekolah Pasar), yang digelar Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Perdagangan, di Hotel Pare Wisata, Sabtu (10/12/2022).

“Kami dari BPJS Ketenagakerjaan diundang oleh Dinas Perdagangan untuk mengikuti kegiatan sekolah pasar, yang dimana kami disini akan melaksanakan yang namanya sosialisasi program, pada peserta sekolah pasar. Program ini diharapkan bisa terjangkau untuk seluruh pedagang pasar,”Jelas M Iqram

Menurut Iqram, saat ini sudah ada satu atau dua orang yang telah terdaftar sebelumnya di BPJS Ketenagakaerjaan. Akan tetapi masih secara manual atau individu.

“Dan yang kita gerakkan kedepannya, akan secara sentralisasi. Seperti arahan pak kadis, nanti kita akan coba membuka seluruh lini-lini pendaftaran baik melalui agen perisai kami, ataupun melalui kami untuk seluruh pasar yang ada di kota parepare,”terangnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk saat ini pihaknya memprioritaskan dua program kepada para pedagang, yaitu jaminan kecelakann kerja dan jaminan kematian. Karena untuk saat ini, kata dia, BPJS Ketenagakerjaan mengetahui dari sisi finansial juga.

“Jadi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian hanya Rp 16.800, jadi saya yakin tidak memberatkan pedagang. Apabila nanti kedepannya sudah berjalan, kita akan coba yang ada program tabungannya. Jadi, kedepannya setiap pedagang pasar memiliki tabungan yang bisa digunakan untuk jaminan hari tua nanti.

Ia berharap, kedepan seluruh pedagang, dapat terlindungi dari risiko sosial dengan mendaftarkan pada program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Pada kesempatan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan menyerahkan kartu kepesertaan secara simbolis, bagi salah seorang pedagang yang telah terdaftar.

Di Akhir Sosialisasi, juga membagikan sejumlah hadiah doorprize kepada para pedagang yang mampu menjawab pertanyaan.(Ant)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE