Berdayakan WBP, Lapas Kelas IIA Parepare Lakukan Pembinaan Kerja Mebel

PAREPARE, – Untuk memberdayakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare, melaksanakan program dari Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE)

Program tersebut dilaksanakan untuk membantu kebutuhan ekonomi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), salah satunya melalui pembinaan kerja mebel, dimana pengerjaannya memberdayakan warga binaan yang ada di Lapas sebagai tukang atau pekerja.

Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Parepare, Abdullah mengatakan, pembinaan kerja terhadap WBP merupakan program dari Kementerian.

“Salah satu pembinaan kerja yang dilakukan yaitu pengerjaan mebel. Untuk mebel bahan bakunya kita pesan langsung dari Jepara, tinggal pekerja yang merupakan WBP melakukan finishing hingga layak jual atau dipasarkan,” katanya, Kamis (12/1/2023).

Menurut Abdullah, sekitar 50 warga binaan yang diberdayakan untuk ikut pembinaan kerja. Pihaknya juga kata dia, terus melakukan pengkaderan agar tenaga-tenaga profesional dapat bertahan dan bisa bermanfaat bagi WBP saat bebas.

“Untuk pemasaran kita kerja sama dengan pihak ketiga yaitu UD Kembar Jepara Furniture, peminatnya sudah sampai di wilayah Sulbar. Harga dan kualitas bisa kita jamin lebih baik,” katanya.

Salah seorang WBP, Aminuddin mengatakan, telah mengikuti pembinaan kerja sejak tiga tahun terakhir, dan sudah ratusan mebel, baik kursi maupun meja dan lemari yang dihasilkan dan telah dipasarkan.

“Program ini sangat membantu kami warga binaan yang ada di Lapas, ada penghasilan yang kami dapat dari pembinaan kerja ini, sehingga hasilnya itu kami manfaatkan untuk biaya sehari-hari di Lapas, sekaligus bisa membantu ekonomi keluarga yang ada di rumah,” ungkapnya.(Yanti)