Berkonsep Wisata, Tim Verlap Puslatbang KMP LAN RI Nilai Inovasi Kantor Dewiku Bisa Jadi Percontohan

PAREPARE, RADIO PEDULI – Melahirkan konsep yang berbasis wisata, kantor Dewiku Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Diaporapar) Kota Parepare, menjadi salah satu dari 15 inovasi yang lolos ke Verifikasi Lapangan (Verlap) dalam lomba inovasi daerah Kota Parepare Tahun 2023.

Tim Penilai lomba inovasi daerah Puslatbang KMP LAN RI, melakukan Verifikasi lapangan di kantor Dewiku yang diterima Kepala Disporapar Amarun Agung Hamka, Rabu (8/3/2023) kemarin.

Erman Fahruddin, selaku tim verifikasi lapangan dari Puslatbang KMP LAN RI, mengungkapkan, bahwa setelah melihat dan mengecek langsung konsep inovasi Kantor Dewiku, memang sudah sesuai fakta dengan apa yang telah dipresentasikan oleh inovator sebelumnya.

“kami sudah mengecek semua. Saya kira sudah sesuai dengan apa yang disampaikan pada saat presentase di makassar, yaitu menjadikan kantor sebagai destinasi wisata, itu benar adanya.”jelas Erman.

Hadirnya inovasi tersebut kata dia, membuat para ASN sangat menikmati keberadaan kantor yang berkonsep destinasi wisata ini, layaknya berwisata secara tidak langsung.

“para ASN disini bisa berdiskusi bukan lagi di dalam ruangan-ruangan yang tertutup, tapi bisa nongkrong berdiskusi di ruangan terbuka seakan-akan mereka berwisata saat ada kejenuhan dalam bekerja, ” ujarnya.

Ia juga menyebut, bahwa kantor destinasi wisataku Disporapar ini bisa menjadi percontohan atau inspirasi bagi SKPD lain.

“jadi tidak sekedar visualisasi kantor seperti sekarang, tapi bisa dibuat sedemikian menarik dengan warna warni. Dibuat dengan visualisasi beberapa spot-spot yang menarik, karena kantor seperti inilah yang dibutuhkan sekarang ini,”pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Diaporapar), Amarun Agung Hamka, yang juga Inovator Kantor Dewiku menjelaskan, hadirnya Kantor Dewiku tersebut lahir dari ide sederhana yang berkaitan dengan budaya kerja organisasi Disporapar.

Dimana awalnya, kata dia, ASN lebih betah di luar kantor, lantaran kondisi kantor yang kurang nyaman.

“inovasi ini muncul dari pemikiran sederhana kami, karena lebih banyak teman-teman yang ingin nongkrong di warkop sehingga kita punya ide, bagaimana menciptakan kantor kita layaknya seperti sebuah warkop. Sehingga ASN lebih betah, lebih nyaman, lebih berkreasi ketika bekerja di kantor,”jelas AA Hamka.(Ant)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE