Antisipasi Kemacetan Arus Mudik Lebaran 1443 H, Satlantas Polres Parepare Lakukan Rekayasa Lalin

PAREPARE, – Guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan arus mudik lebaran 1443 H, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Parepare, mulai melakukan rekayasa arus lalu lintas di sejumlah titik.

Sejumlah titik tersebut khususnya di bagian selatan kota dan terkhusus di Wilayah Pelabuhan Nusantara Parepare yang berpotensi mengalami peningkatan arus kendaraan dan menimbulkan kemacetan.

Hal ini disampaikan Kasatlantas Polres Parepare, AKP Muh Yusuf, saat melakukan pengaturan lalulintas, Selasa (26/4/2022) dini hari.

“kegiatan ini khususunya dari daerah yang dilewati arus mudik seperti pelabuhan nusantara. Kita menerima jadwal kapal setiap hari kemudian kita antisipasi untuk penumpang yang turun, dengan cara merekayasa arus lalu lintas agar tetap aman, tertib dan lancar,”Jelas AKP Muh Yusuf.

Pihaknya juga mengatur kendaraan yang memang saat ini sudah mulai mengalami peningkatan khususnya disaat kapal yang mengangkut pemudik tiba di Pelabuhan Nusantara atau penumpang yang akan bertolak ke daerah lain.

Selain di Pelabuhan lanjutnya, satlantas juga melakukan pengawasan di titik-titik rawan macet, dimana arus mudik juga sudah mulai meningkat dari perlintasan darat khususnya dari Makassar menuju ke Daerah-daerah. Karena Parepare ini juga merupakan daerah lintasan dari seluruh Kabupaten/Kota Di Sulawesi Selatan.

“Karena Parepare merupakan daerah perlintasan dari kota makassar, sehingga kita juga mengantisipasi dengan cara melaksanakan kegiatan pengaturan khususnya pada jam kepadatan kendaraan, seperti di jembatan sumpang, KUD yang merupakan memang persimpangan dan perempatan yang melintasi seluruh kendaraan dari daerah makassar menuju ke daerah tetangga, dan begitu juga sebaliknya,”terangnya.

Mantan Kasatlantas Wajo ini juga mengimbau agar masyarakat melakukan mudik lebih awal, dan tetap mematuhi peraturan lalu liintas serta mengikuti aturan dari petugas di lapangan dalam rekayasa lalu lintas tersebut.

“kita laksanakan beberapa imbauan untuk tetap mematuhi peraturan lalu lintas dan mematuhi perintah petugas di lapangan karena kita sudah melaksanakan rekayasa arus lalin. Juga kita ingatkan untuk mudik lebih awal, agar lebih aman dan mudik tetap sehat dengan tetap menjaga protokol kesehatan,”Imbaunya.(yanti)

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE