Ciptakan Pakan Hijau Ternak, Dinas PKP Kota Parepare Gelar Pelatihan Tematik Fermentasi Limbah Jerami Jagung

PAREPARE, RADIO PEDULI – Dinas Pertanian, Kelautan Dan Perikanan (DPKP) Kota Parepare, melaksanakan Pelatihan Tematik Fermentasi Pakan Hijauan Ternak Dari Limbah Jerami Jagung.

Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas PKP Kota Parepare, Wildana yang digelar di Gedung Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Ujung, Kamis (8/9/2022).

Kepala Dinas PKP, Wildana usai membuka kegiatan tersebut menjelaskan bahwa Pelatihan ini suatu ide cemerlang dan home base dari para penyuluh pertanian yang tersebar di empat kecamatan di Kota Parepare.

“Pelatihan ini kita laksanakan di empat kecamatan, dan sudah tiga kecamatan yang sudah dilaksanakan. Di setiap kecamatan masing-masing mengangkat permasalahan yang ada di wilayahnya. Dan untuk kecamatan Ujung ini mengangkat bagaimana memanfatkan fermentasi limbah jagung,”Jelas Wildana.

Hal ini dilakukan lanjut dia, untuk mengantisipasi karena mengingat Kota Parepare yang lahannya semakin hari semakin berkurang. Dimana untuk mendapatkan produktifitas ternak sangat sulit.

“Kegiatan ini tidak menerima teori saja, namun juga dilanjutkan dengan praktek. Karena pakan merupakan hal utama dari produktifitas dan wilayah kita sebagai kota yang tentu lahannya semakin hari semakin berkurang, susah mendapatkan pakan hijau ternak, makanya wilayah Kecamatan Ujung memanfaatkan limbah jerami jagung,”terangnya

Ia berharap, kegiatan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta agar tujuan dari kegiatan tersebut bisa tercapai.(Ant)