Bea Cukai Parepare Dorong UMKM Berorientasi Ekspor

PAREPARE, RADIO PEDULI – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC-TMP) C Parepare, terus berkomitmen menjalankan peran industrial assistance dan trade facilitator, untuk melakukan asistensi kepada UMKM agar menggali potensi ekspor di wilayah kerjanya tetmasuk Kota Parepare.

Kepala KPPBC TMP C Parepare, Nugroho usai Coffe morning, mengatakan, salah satu bentuk untuk menjalankan komitmen tersebut, dengan memberikan program-program pembinaan dan fasilitas bagi pelaku usaha, guna mendukung UMKM di Kota Parepare untuk melakukan ekspor.

“Kita upayakan lakukan pembinaan-pembinaan kepada pelaku UMKM, dengan melakukan asistensi kepada mereka dari segi bagaimana branding itu perlu, merek itu perlu kemudian bagaimana kualitas dia harus ditingkatkan,”Jelas Nugroho.

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain melakukan pembinaan, Bea Cukai juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk memperoleh data para pelaku usaha yang bisa dilakukan pembinaan atau asistensi untuk melakukan ekspor. Tentunya melakukan ekspor kata dia harus memeperhatikan beberapa hal yaitu, Komoditi, kuantitas atau jumlah, kualitas, dan keberlanjutan.

“Ini yang harus kita jaga dan kita upayakan untuk melakukan pembinaan-pembinaan kepada para pelaku UMKM. Tentunya tidak hanya kita sendiri melakukannya tapi bekerjasama dengan Pemerintah Daerah,”tandasnya.
Nugroho berharap, dengan orientasi Ekspor ini, Pemerintah Kota bisa bersinergi untuk melakukan pembinaan kepada para UMKM, dengan kewenangan masing-masing pihak.(Ant)