Walikota Parepare Dorong SKPD Untuk Responsif PUG

PAREPARE, – Untuk mendorong teraksananya Pengarus Utamaan Gender (PUG), serta sebagai upaya pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Kota Parepare, Pemerintah Kota menggelar pertemuan peningkatan kemitraan kelembagaan PUG.

kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, dan dibuka oleh Walikota Parepare HM Taufan Pawe, di Balai Ainun, Kamis (19/09/2019).

Dalam laporannya , Plt Kepala Dinas Hj.Aminah Amin menyampaikan, kegiatan ini dilakukan sebagai dasar implementasi program penguatan kelembagaan Pengarus Utamaan Gender (PUG) dan Anak, melalui Kelompok kerja dalam kebijakan pemerintah yang mucul dari tuntutan untuk menyelenggarakan program dan kegiatan, terkait urusan pemberdayaan perempuan dan anak.

“kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup dan peran perempuan serta meningkatkan pemenuhan kebutuhan hak-hak perempuan dan anak dalam pembangunan daerah melalui kelompok kerja pengarus utamaan gender'”jelas Aminah Amin.

Sementara Walikota Parepare HM Taufan Pawe mengatakan, untuk mewujudkan pengarusutamaan gender di Kota Parepare, dibutuhkan Sinergitas yang terintegrasi dari masing-masing SKPD.

“Jika kita berbicara terkait dengan PUG, maka komitmen harus lahir secara kualitatif, tidak hanya walikota saja, tetapi semua harus memberikan andil untuk hadirnya PUG,”Kata Taufan.

Pada kesempatan ini, Walikota Parepare mengapresiasi dan berharap kegiatan ini betul-betul dapat dioptimalisasikan dengan kesadaran penuh. Taufan juga berharap kepada semua skpd, untuk tahun berikutnya agar memikirkan bagaimana ada program kegiatan yang berorientasi dengan pemebrdayaan perempuan.

“Selain kemitraan kelembagaan pemerintahan, kita juga mengajak kemitraan instansi vertikal, BUMN, BUMD, dalam hal isu responsif gender di Kota Parepare,”tutupnya.

Peliput:yanti