Pemerintah Kota Parepare, Intens Benahi Drainase Tersumbat

PAREPARE, – Wakil Wali Kota Parepare, H Pangerang Rahim, memantau pelaksanaan aksi bersih-bersih yang digalakkan dalam Program Jumat Peduli di depan Pasar Lakessi, Jumat, (4/1/2019).

Wakil Wali Kota Parepare H Pangerang Rahim yang ditemui di lokasi menjelaskan, dalam pelaksanaan Jumat Peduli kali ini, pihaknya menginstruksikan tim yang terdiri dari personil Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup, dan staf Kecamatan Soreang dan Kelurahan Lakessi untuk memastikan saluran drainase tidak tersumbat.

“Kita melakukan pengerukan karena banyaknya sampah-sampah yang mengendap di selokan dan ini bisa mengakibatkan terjadinya penyumbatan sehingga air meluap dan tergenang,” papar Pangerang Rahim.

Penyumbatan dalam drainase itu lanjut Pangerang, disebabkan sampah yang menumpuk. “Olehnya itu kami mengimbau kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di selokan karena sampah-sampah menjadi penyebab penyumbatan sehingga selokan tersumbat dan airnya meluap naik ke jalan,” pintanya.

Di lokasi yang sama, Lurah Lakessi Awaluddin menjelaskan, sebelumnya telah dilakukan pengerukan di beberapa selokan sekitar Kelurahan Lakessi, Namun selokan yang berada di Depan pasar lakessi ini belum dilakukan pengerukan.

“ini persoalan drainase yang harus kita urai. Karena tinggi drainase di lokasi ini tidak merata, sehingga sedimen menumpuk di selokan ini. Namun, kita tetap akan melakukan upaya untuk terus memantau, titik mana saja yang perlu kita benahi,”tutupnya.

Peliput : Yanti