Cegah Abrasi Pantai, Pemerintah Kota Parepare Pertamina Tanam 500 Bibit Mangrove

PAREPARE, – Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya abrasi dan penyelamatan ekosistem lingkungam di pesisir pantai lakessi Kecamatan Soreang Kota Parepare, Pemerintah Kota Parepare melalui Kelurahan Lakessi menggencarkan program penanaman pohon jenis mangrove (bakau).

Kegiatan tanam mangrove ini dilakukan bekerjasama dengan pihak Pertamina dan melibatkan Organisasi pemerhati lingkungan dari Pemuda Pancasila, Danramil dan Bhabinsa Kelurahan, di pesisir Pantai Lakessi, Kamis (3/10/2019).

Lurah Lakessi Awaluddin yang di temui di lokasi penanaman mengatakan, beberapa pihak telah beberapa kali melakukan pengerukan sampah di Zona tersebut, namun ketika air surut, kembali terjadi endapan sampah.

“melihat hal ini, kami mengeluarkan terobosan dengan pihak pertamina untuk melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai ini,” jelas Awal.

Menurut mantan kasubag protokol Humas Setdako ini, saat ini pihak terkait telah menyiapkan 500 bibit mangrove untuk disebar di sekitar pantai kelurahan lakessi.

“Selain mangrove, kami juga sudah menyediakan pohon ketapang kencana, namun penanaman pohon ini akan dilakukan bertahap,”ujarnya.

Sementara Junior Supervisior Receiving & Storage Pertamina Suddin menjelaskan kegiatan ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina yang bekerja sama dengan Program terobosan pemerinrah daerah yaitu kelurahan lakessi, untuk bagaimana melestarikan pesisir pantai dan menjaga kebersihannya.

“Mengenai pemeliharaan mangrove yang kami tanam ini, pihak kami akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah,”tutupnya.

Peliput:Yanti