Peringati Hari Pekan ASI Sedunia, Pemkot Gelar Kelas Ibu Hamil


PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan bekerjasama dengan 8 Puskesmas yang ada di Kota Parepare, memperingati Pekan Air Susu Ibu (ASI) Sedunia, dengan melaksanakan kegiatan Kelas Ibu Hamil dengan mengangkat Tema, tentang ASI dan Menyusui.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Lurah Lumpue yang diwakili Kepala Seksi Pemerintahan, Muhlis, dan dihadiri Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna, dan Kepala Puskesmas Lumpue Irnawati, yang berlangsung di Kelurahan Lumpue, Kamis (6/8/2020).

Kepala Bidang Pelayanan, Promosi dan SDK Dinas Kesehatan Kota Parepare, Kasna mengatakan, kegiatan kelas ibu hamil ini dilakukan untuk mensosialisasikan pekan ASI sedunia diperingati tanggal 1 sampai dengan 7 agustus dengan tema“Support Breastfeeding For A Healthier Planet” Dari tema tersebut lanjut dia, dapat diangkat bahwa, 820 ribu anak itu dapat diselamatkan dari kematian dengan menyusui.

“Kenapa menyusui itu menyelamatkan kematian bayi, karena dengan menyusui itu, selain untuk kesehatan anak dan kesehatan ibu, juga memenuhi kebutuhan nutrisinya. Yang tak kalah pentingnya dengan menyusui ini menjalin kebutuhan emosional hubungan batin antara ibu dengan anak,”Jelas Kasna.

Selain itu, tambahnya, di tengah pandemi ini dengan menyusui dapat menjamin pemberian pangan secara berkelanjutan, dengan berharap bahwa pemerintah melalui konselor atau para pemberi edukasi konseling menyusui di Puskesmas atau dimana pun berada, bahwa ibu menyusui itu, juga bisa mendapat akses informasi tentang ASI atau dapat difasilitasi untuk menyusui.

Peliput :Yanti