TP Minta Tim Anggaran DPRD dan Pemkot, Kritis Evaluasi RAPBD Perubahan 2020


PAREPARE, – Walikota Parepare HM Taufan Pawe, resmi menyerahkan rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) perubahan tahun anggaran 2020 kepada Ketua DPRD Parepare, Hj Andi Nurhatina dalam rapat paripurna, yang dilaksanakan di Ruang rapat paripurna DPRD, kemarin, Rabu 12 Agustus 2020.

Taufan menegaskan, pengajuan rancangan KUA-PPAS ini merupakan gambaran bahwa Pemerintah Kota tertib anggaran, yang selanjutnya menjadi hak dewan untuk mengevaluasi untuk dibahas lebih lanjut pada perubahan APBD.

“Harapan saya, saya ingin sekali tim anggaran dprd dan tim anggaran pemkot bisa melihat secara kritis apa yang terdapat dalam KUA-PPAS itu. Karena apa yang kami sodorkan betul-betul bersifat riil anggaran, sesuai kebutuhan yang ada dan sesuai dengan kemampuan kondisi keuangan daerah yang ada. Jadi kami selalu melihat situasi itu menjadi dokumen perda nantinya, ada kesesuaian dari apa yang dibahas dalam KUA-PPAS, apa yang kami mohonkan itu berkesesuaian dengan keuangan yang ada,”Tandas Taufan.

Dalam rancangan perubahan tersebut, terdapat beberapa item anggaran termasuk belanja langsung dan belanja tidak langsung. Juga, didalamnya adanya perubahan refocussing atau pengalihan anggaran yang terjadi karena Pemerintah menghadapi pandemi Covid-19, yang akan dirasionalkan oleh DPRD.

Peliput:Yanti