Kecamatan Bacukiki Barat Gandeng PKM Lumpue Lakukan Sweeping Warga Yang Belum Vaksin

PAREPARE, – Pemerintah Kota Parepare, melaksanakan sweeping kepada warga khususnya yang belum melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Sweeping dilaksanakan oleh Tim Kecamatan Bacukiki Barat yang menyisir rumah warga yang belum vaksinasi sesuai data update dari Dinas Kesehatan dengan cara menjemput bola door to door di Jalan Reformasi Kelurahan Tiro Sompe, Rabu (8/12/2021).

Kegiatan vaksinasi jemput bola ini dipimpin langsung Camat Bacukiki Barat, Fitriani yang didampingi Lurah Sumpang Minangae, Widin Wijaya dan Kepala Puskesmas Lumpue, Irnawati Amir.

Camat Bacukiki Barat Kota Parepare, Fitryani mengatakan bahwa hal ini dilakukan sebagai langkah percepatan vaksinasi di dua Kelurahan yang ada di Kecamatan Bacukiki Barat. Hal ini, kata dia, sesuai dengan arahan Walikota Parepare untuk melaksanakan jemput bola vaksinasi di setiap Kelurahan.

“Untuk Di Kecamatan Bacukiki Barat kali ini ada dua Kelurahan yaitu Tiro Sompe di Jalan Reformasi dan Pasar Sumpang. Karena kebetulan hari ini hari pasar, maka dari itu Lurah bergerak melakukan sosialisasi di dua daerah tersebut,”Jelas Fitriani.

Pelaksanaan vaksinasi jemput bola di beberapa Kelurahan tambah Fitri, akan dilakukan setiap hari hingga 15 hari kedepan. Sementara di Pasar Sumpang dilakukan dengan menyasar Pedagang, Pengunjung dan masyarakat sekitar.

“Semuanya dilakukan vaksin baik pedagang, pengunjung maupun masyarakat umum. Dan Alhamdulillah, pedagang di pasar sumpang sendiri vaksinasi sudah mencapai 90 persen. Adapun yang belum mungkin terkendala kondisi kesehatan,”tuturnya.

Senada dengan Kepala Puskesmas Lumpue Irnawaty Amir mengatakan, Tim Kecamatan Bacukiki Barat bersama Puskesmas Lumpue melakukan sweeping bagi warga yang belum vaksin. Selama 15 hari kedepan akan mencari dan mengejar sasaran sebesar 5.448 warga yang belum divaksin yang tersebar di enam kelurahan Kecamatan Bacukiki Barat.

“Tiro sompe sendiri itu masih ada sekitar 1.400 lebih yang harus dikejar sebagai sasaran vaksin sehingga kami menguatkan sweeping di wilayah tiro sompe dan besok hingga 15 hari ke depan juga ada pelaksanaannya di kelurahan dengan melaksanakan door to door juga,”terang Irnawaty.

Ia berharap, pelaksanaan sweeping vaksinasi yang dilakukan ini dapat berkontribusi sesuai harapan Walikota Parepare di atas 70 persen target vaksinasi untuk mencapai level 1 Zona Herd Immunity di Kota Parepare.(Yanti)