Dukung Pembangunan Ekonomi Di Masa Depan, Pemkot Rancang Program Wilayah Berbasis Geospasial

PAREPARE, RADIO PEDULI – Guna mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di masa depan, salah satu kebijakan utama yang dibutuhkan untuk menjadi dasar perencanaan adalah informasi geospasial dalam Kebijakan Satu Peta.

Kesiapan Pemerintah Kota Parepare terkait program wilayah berbasis geospasial ini dilakukan dalam rapat koordinasi yang dipimpin Sekretaris Daerah Kota Parepare yang didampingi Sekretaris Bappeda Zulkarnain, yang dilaksanakan di Ruang rapat Bappeda, Senin (30/8/2022).

Usai Rakor tersebut, Sekretaris Daerah Kota Parepare, Iwan Asaad mengungkapkan, bahwa rakor ini dilaksanakan untuk rencana melakukan pemetaan potensi wilayah berbasis geospasial.

“Jadi kita berharap semua kelurahan yang ada di Parepare potensinya setiap kelurahan bisa terbaca yang melalui peta digital nanti,”Jelas Iwan.

“Bisa kita tau sampai golongan darah warganya, apakah B atau A, Atau AB, termasuk potensi, jalan lorong, yang ada di Kelurahan yang dimaksud. Sampai dengan masyarakat penerima bantuan karena dia kategori warga tidak mampu,”sambungnya.

Titik koordinat pada geospasial yang dimaksud lanjut Mantan Kadis Kominfo ini, memudahkan pemerintah daerah mengambil sebuah kebijakan yang walaupun anggaran tidak terbatas tapi diharapkan tepat sasaran.

“Ini Karena langsung mengacu kepada data riil yang ada di lapangan dengan mengacu kepada pembangunan berbasis peta,”terangnya.

Program ini kata Iwan, untuk menciptakan satu peta yang akurat, dan akuntabel dengan skala yang sama dalam mendukung perencanaan pembangunan, penyediaan infrastruktur, penerbitan izin, konsesi, hak atas tanah, dan kebijakan nasional yang berbasis spasial.(Yanti)